Matahari mengorbit? oh ya?

Semuanya mengorbit sesuatu yang tampak. Bulan berjalan mengelilingi Bumi, dan Bumi mengorbit Matahari. Tapi apakah Anda tahu bahwa Matahari pun ternyata juga mengorbit terhadap galaksi Bima Sakti?

Para ahli astronom telah menghitung bahwa dibutuhkan 226 juta tahun bagi matahari untuk sekali mengorbit mengelilingi pusat Bima Sakti. Dengan kata lain, yang terakhir kali bahwa Matahari berada di posisi yang sekarang dalam ruang di sekitar Bima Sakti, adalah ketika dinosaurus menguasai Bumi (sungguh luar biasa!)

Uniknya lagi.. sebenarnya, hal ini terjadi20,4 kali sejak Matahari itu sendiri terbentuk 4,6 miliar tahun yang lalu. Karena Matahari memiliki jarak 26.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti, itu pun dengan asumsi telah melakukan perjalanan pada kecepatan yang menakjubkan 782.000 km / jam dalam orbit lingkaran mengelilingi pusat Bimasakti.

Hanya untuk perbandingan, Bumi berputar pada kecepatan 1.770 km / jam, dan itu bergerak dengan kecepatan 108.000 km / jam mengelilingi matahari.

Diperkirakan bahwa matahari akan terus sekering hidrogen selama 7 miliar tahun atau lebih. Dengan kata lain, hanya memiliki 31 lain mengorbit itu dapat membuat sebelum kehabisan bahan bakar.

PS: sudah 20 kali mengorbit, berarti tinggal 11 kali orbit lagi dong yah… hmm

sumber: http://www.universetoday.com/guide-to-space/the-sun/sun-orbit/

Satu respons untuk “Matahari mengorbit? oh ya?

Tinggalkan komentar